It's my world

Memanah merupakan olahraga yang menggunakan alat berupa busur panah, anak panah, dan target atau sasaran  anak panah. Panahan sudah digunakan sejak zaman dulu sebagai alat berburu, alat berperang, dan sekarang alat tersebut berganti fungsi sebagai alat olahraga.

Memanah akhir-akhir ini menjadi olah raga yang populer, salah satunya di Balikpapan. Ada beberapa tempat latihan memanah di Balikpapan, bahkan sudah memanah sudah masuk ke sekolah-sekolah dan ada kompetisi memanah. Memang peminat paling banyak untuk memanah adalah anak-anak, tetapi tidak menutup kemungkinan dewasa mulai berlatih memanah.

Jadi, mengapa memanah?

Memanah adalah olah raga sesuai sunnah Rasulullah SAW.

“Sesungguhnya Allah ‘azza wajalla akan memasukkan tiga orang ke dalam surga lantaran satu anak panah; orang yang saat membuatnya mengharapkan kebaikan, orang yang menyiapkannya di jalan Allah serta orang yang memanahkannya di jalan Allah.” Beliau bersabda: “Berlatihlah memanah dan berkuda. Dan jika kalian memilih memanah maka hal itu lebih baik daripada berkuda.” (AHMAD – 16699)

Manfaat lain dari memanah, dapat melatih kesabaran. Orang yang moody dan tidak sabar agak sulit dalam berlatih memanah. Dalam panahan, kita diajarkan untuk tenang, relaks, tidak terburu-buru, badan tidak boleh tegang dan kaku. Selain itu, memanah melatih fisik dan daya tahan tubuh, khususnya koordinasi antara gerakan tangan dan mata, sekaligus fleksibilitas jari-jari. Memanah pun dapat meningkatkan konsentrasi, kemampuan dan kepercayaan diri. Manfaat lainnnya bisa menjadi tempat untuk bersosialisasi dengan pemanah-pemanah yang lain.

Ababil Archery Club, Lapangan Tennis Komplek WIKA

 

 

Comments on: "Belajar Memanah di Balikpapan" (3)

  1. Wah pasti seru ya mbak bermain panahan.. saya cuma beberapa kali mencoba panahan waktu masih nyantri di Daarut Tauhiid mbak..

  2. Kalau mau ikut gimana ya ukh? Ana umur 20 tahun

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: