It's my world

Workshop Family Therapy

family-therapyAlhamdulillah, pada bulan Agustus 2016 mendapatkan kesempatan untuk mengikuti workshop family therapy di Balikpapan. Pembicara workshop ini adalah Kang Asep Haerul Gani. Sudah lama saya memiliki keinginan untuk mengikuti workshop yang diarahkan oleh beliau. Terakhir kali saya mengikuti workshop, yaitu sekitar tahun 2008 atau 2009 mengenai forgiveness therapy.

Kesan saya tentang workshop family therapy: Sangat bermanfaat sekali baik untuk secara pribadi maupun untuk pekerjaan saya. Di sana diajarkan tentang memahami sifat-sifat seseorang yang diturunkan dari keluarga asal, bagaimana dampaknya ketika menikah dan membentuk keluarga baru, trauma-trauma yang diakibatkan masalah keluarga dan sebagainya. Kemudian diajarkan pula bagaimana melakukan terapi untuk klien atau orang lain, namun tentunya kita juga harus mau menjadi “pasien” sebelum bisa menerapi orang lain.

Semoga dengan tambahan ilmu dan wawasan tentang terapi keluarga, saya bisa bekerja dan berperilaku dengan lebih baik lagi. Walaupun mungkin tidak seoptimal jika langsung diterapi kang Asep. Setelah mengikuti satu workshop, keinginan untuk belajar terapi yang lain semakin mengebu-ngebu. Semoga bisa ikut workshop lainnya di bulan-bulan yang akan datang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: