It's my world

Sudah sejak dulu saya ingin menjadi inspirator di Kelas Inspirasi. Awalnya keinginan itu terbesit saat melihat beberapa rekan saya waktu kuliah mengikuti Indonesia Mengajar. Paham bahwa saya memiliki beberapa batasan dalam mengikuti Indonesia Mengajar, saya pun tidak banyak berusaha untuk mewujudkan keinginan tersebut. Saya kemudian melanjutkan kehidupan dengan melanjutkan pendidikan profesi dan bekerja.

Beberapa tahun kemudian setelah pindah ke Balikpapan, kemudian berkeluarga dan bekerja, saya baru mengetahui bahwa ada Kelas Inspirasi. Berdasarkan informasi yang saya baca dalam webnya (kelasinspirasi.org):

Kelas Inspirasi merupakan solusi bagi para profesional Indonesia yang ingin berkontribusi dengan mengajar di lingkungannya. Hal ini membuka pintu interaksi positif antara kaum profesional dengan sekolah tempat dia berpartisipasi. Partisipasi para profesional tersebut untuk mengambil cuti sehari dan berbagi pengalamannya bersama anak-anak SD, merupakan partisipasi berbasiskan individu, bukan institusi. Ini menunjukkan bahwa kepedulian dan kesadaran pribadi terhadap pendidikan masih tinggi.

Dengan tagline: “Sehari cuti, selamanya menginspirasi”, berhasil membuat saya tergerak kembali untuk mengajar sehari di sebuah sekolah dasar. Saya pun mendaftar dan mengikuti proses menjadi inspirator. Dengan dukungan suami dan anak-anak, saya bisa mengikuti briefing dan meeting Kelas Inspira13934875_10208543549238713_26942071541570464_nsi. Rupanya banyak juga yang perlu dipersiapkan sebelum menginspirasi. Misalnya, mengenal teman-teman sekelompok dengan berbagai profesi yang berbeda. Kemudian pembagian kelas dan tugas. Menyiapkan berbagai perlengkapan untuk mengajar. Menyiapkan perbekalan dan transportasi selama mengajar dan sebagainya. Walaupun begitu, saya merasa senang dalam menjalaninya.

Saya ada di dalam kelompok XI dan mendapat kesempatan menginspirasi di SD Negeri 029 Balikpapan Utara. Saya bersama 8 inspirator lainnya, 2 fasilitator, dan 3 dokumentator. Semuanya sangat kompak dan penuh dengan energi positif. Saya juga merasa memiliki keluarga baru. Kadang kangen untuk berkumpul kembali dan tertawa bersama. Semoga kapan-kapan bisa berkumpul dan berbagi energi positif bersama lagi.

14079609_10208564446721137_1657626043323815001_n

Untuk kegiatan kelompok kami secara keseluruhan dapat dilihat di link berikut ini: Kelas Inspirasi Balikpapan 4, Kelompok XI. Semoga bisa menginspirasi teman-teman lainnya untuk ikut Kelas Inspirasi selanjutnya. Salam🙂

14021647_10154407277804522_1153997650477720976_n

Leave a Reply

