It's my world

Tidak terasa sudah hampir 2,5 tahun saya tinggal di Balikpapan. Banyak perubahan yang saya amati dari kota ini. Btw, saya betah dan nyaman lho tinggal di Balikpapan. Alhamdulillah..

Perkembangan yang saya amati di Balikpapan, salah satunya tentang kuliner. Saya semakin tau banyak tentang sudut-sudut kuliner di Balikpapan. Maklum kami hanya punya jatah pulang ke Jawa dari kantor setahun sekali. Kalaupun mau beli tiket sendiri, rasanya sayang. Banyak keperluan lain dan persiapan tabungan untuk anak-anak. Jadi, lebih banyak menghabiskan uang untuk kuliner di Balikpapan.

Saya mau review beberapa tempat makan yang sering kami kunjungi, khususnya tempat makan yang sesuai untuk keluarga dengan bayi-batita dan enak buat parkir mobil. Semoga reviewnya membantu untuk yang sedang mencari tempat makan di Balikpapan.

1. Kopitiam.
Tempat yang paling enak untuk duduk leyeh-leyeh, minum teh tarik, makan snack sambil bawa keluarga itu di kopitiam. Berbagai variasi menu seperti nasi goreng, mie goreng, tomyam, roti bakar mudah didapatkan di kopitiam.

Balikpapan punya beberapa kopitiam, seperti Killeney dan New Star di BSB, Ratu di Pasar Segar. Bilkas (malaysian food) di Pasar Segar, makanan dan minumannya juga mirip yang ada di kopitiam. Favorit kami, New Star dan Bilkas.

image

2. Teras Chocotiers
Perlu digaris bawahi, kami mencari tempat yang bisa untuk keluarga dan parkir mobil yang luas. Jadilah Teras Chocotiers jadi favorit kami, kalau enggan pergi ke mal. Makanan dan minuman coklat pasti ada di sini. Pasta, Pizza, Burger juga tersedia. Makanan enak, layanan cukup cepat, tempat nyaman, harga masih cukup terjangkau.

image

3. Mie Aceh.
Saya suka Mie Aceh. Kesukaan saya dimulai ketika saya kuliah di Depok. Saat tidak enak badan, makan makanan yang pedas dan hangat itu sangat membantu. Ketika pindah, saya berusaha mencari tempat makan Mie Aceh yang enak, tapi ternyata tidak mudah. Akhir-akhir ini ada tempat Makan Mie Aceh di Pasar Segar. Namanya Mie Aceh Hj. Rasimah Oesman. Saya baru merasa klop dengan Mie Aceh di sini. Tampakannya seperti berikut.

image

4. Sekoteng Zahra
Sekoteng Zahra terletak di DAM. Karena di pinggir jalan utama, susah sekali untuk parkir mobil. Akan tetapi, kalau badan kurang fit, apapun akan diusahakan untuk dapat penawarnya. Sekoteng Zahra sudah sangat terkenal di Balikpapan. Enaknya pake bangeeet dan langsung hangat.

image

5. Makan pagi
Kadang malas bikin sarapan pagi, terutama wiken. Jadilah, kita membeli makanan di luar. Buat saya yang tinggal di WIKA, ada beberapa tempat favorit. Nasi uduk dan bubur ayam Bunda di Balikpapan Baru atau di toko Browniesku, WIKA. Nasi uduk Betawi di depan Kinantha, Kampung Timur. Nasi Kuning dan Bubur PontiEnak di kolam renang WIKA. Nasi Pecel di Jl. Indrakilla. Nasi goreng spesial di toko Browniesku juga lumayan untuk variasi sarapan.

Sekian dulu buat review kali ini. Mau foto-foto tempat fav kami lainnya buat review selanjutnya. Oh iya, kalau ada pelayanan yang kurang memuaskan bisa dianggap cukup wajar utk di sini. Bisa menemukan makanan yang cocok saja sudah Alhamdulillah. Hehehe.. yang penting tetap dinikmati momen bersama keluarganya. Salam.

Comments on: "Kuliner Balikpapan (lagi)" (3)

  1. Mie aceh hj rasimah oesmannya sudah tutup yaa mbak? Aku nyari ke pasar segar itu ud gak ada

  2. Mie acehnya sudah pindah ato tutup mbak? Aku nyari ke pasar segar tp gak ada

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: