It's my world

Fathan Iskarima Azzam

image

Kalau dulu pernah menulis tentang arti nama Sabrina, sekarang waktunya nama Fathan.

Fathan Iskarima Azzam itu nama anak saya yang kedua. Lahir tanggal 20 Juni 2013. Berat lahir 3,3 kg dan tinggi 48 cm. Lahir secara normal di RS Siloam,  Balikpapan.

Nama anak ini mayoritas dari suami. Saya hanya menambahkan kata Azzam. Tidak seperti nama Sabrina, nama Fathan semuanya kental sekali kaitannya dengan bahasa Arab. Hal ini memang karena suami mencari inspirasi dari Al-Quran.

Mencari nama anak laki-laki ternyata tidak mudah. Saya dan suami berkali-kali mementahkan usul satu sama lain. Pernah suami usul menggabungkan nama dari bahasa Arab dan Indonesia. Saya langsung menolaknya karena beranggapan namanya akan jadi “belang bentong”. Anehlah.. Saya lebih suka nama yang satu tema.

Nama Fathan juga tidak ada unsur nama sabar seperti nama ayah dan kakaknya. Hal ini karena saya kapok memberi nama sabar pada Sabrina🙂 Rupanya Sabrina tidak ada sabar-sabarnya. Malah orang tuanya yang harus banyak bersabar. Kebalikannya,  saya malah menambahkan kata “azzam” yang berarti keteguhan hati atau bisa berarti keras kepala. HEHEHE.
Fathan itu sendiri artinya kemenangan. Sedangkan Iskarima artinya hidup mulia atau jalan mulia. Jadi arti lengkapnya, keteguhan untuk berada di jalan mulia untuk mencapai kemenangan. Diharapkan anak ini selalu teguh berjuang di jalan Allah SWT hingga akhirnya bisa mendapatkan surga-NYA. Aaaamiiin…

Leave a Reply

