It's my world

Arti namamu, nak…

Sudah lama ingin menulis tentang arti nama anak dan bagaimana kami (saya dan suami) menyepakati nama anak, tapi terkendala oleh banyak hal yang harus diselesaikan. Akhirnya, waktu luang datang juga… Mari menulis🙂

Nama anak saya: Sabrina Zidni Karima. Nama ini diambil dari bahasa Arab. Sabrina berarti sabar, Zidni berarti ditambah, Karima berarti mulia. Secara keseluruhan, arti nama anak saya adalah penyabar yang selalu ditambahi kemuliaan. Smoga anak saya tumbuh dewasa seperti namanya. Aamiin.

Kami memilih nama ini setelah pencarian yang cukup lama.  Kami ingin memberi nama yang baik untuk anak, karena Islam memerintahkan agar para orang tua memberikan nama yang baik pada anaknya.

Seseorang datang kepada Nabi Saw dan bertanya, ” Ya Rasulullah, apa hak anakku ini?” Nabi Saw menjawab, “Memberinya nama yang baik, mendidik adab yang baik, dan memberinya kedudukan yang baik (dalam hatimu).” (HR. Aththusi).

Kami baru sepakat tentang nama anak setelah mendekati waktu kelahiran (8 bulan). Kami juga baru menyiapkan nama anak perempuan dan belum menyiapkan nama anak laki-laki karena waktu USG dokter terlihat yakin bahwa anak kami perempuan. Sebagai candaan, jika bayi yang akan lahir adalah laki-laki, kami akan mengubah nama Sabrina menjadi Shobirin agar artinya tetap sama, yaitu penyabar.

Kenapa kami mengambil tema “penyabar” untuk nama anak?

  1. Karena suami saya bernama belakang Shobar (sabar).
  2. Karena saya bukan orang yang sabar, makanya berharap anak saya menjadi penyabar.
  3. Karena saya berharap tema ini akan menghiasi keluarga kami nantinya.

Diantara banyak nama dengan arti sabar, Saya sengaja memilih nama Sabrina agar mudah disebut oleh siapa saja, baik orang Indonesia maupun orang asing. Selain itu, nama Sabrina adalah nama perempuan. Jadi, Sabrina tidak akan disangka sebagai laki-laki.

Untuk nama belakang anak, suami yang menentukannya. Suami menemukan nama Zidni Karima ketika membaca Al-Quran. Saya tentu saja sangat setuju dengan nama itu karena dapat berdampak baik pada jiwa anak.

Akhirnya, saya merasa sangat senang dan puas atas nama tersebut. Smoga saja arti nama anak tercermin dalam perilakunya. Amiin.

Comments on: "Arti namamu, nak…" (3)

  1. Innu Virgiani said:

    amiin.. dari nama, begitu banyak arti.. baik sebelum, maupun sesudahnya.. semoga keluarga kalian termasuk yang selalu mendapatkan kefakihan dari Alloh akan kesabaran dan juga kesyukuran..

  2. arieskakurniawaty said:

    Senangnya Sabrina, didoakan sebegitu baiknya oleh orang tuanya🙂
    Sebagaimana nama anak adalah doa, maka doa itu akan terlantun sepanjang hidupnya.
    Terlebih doa dari orang tua, yang insyaAllah adalah doa yang tak akan tertolak untuk diijabah.

  3. Aamiin… trima kasih vivi, mbak ari🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: