It's my world

Saya memilih ASI

Setiap ibu ingin memberikan hal yang terbaik untuk anaknya, saya pun begitu.

Sejak awal hamil, saya sudah menetapkan diri untuk memberikan ASI (Air Susu Ibu) bagi anak saya.  Alasan saya:

1. ASI adalah hak anak.

Setiap bayi mempunyai hak dasar atas makanan dan kesehatan yang terbaik untuk memenuhi tumbuh kembang optimal. ASI merupakan makanan terbaik bagi bayi karena mengandung zat gizi yang paling sesuai dengan kebutuhan bayi. ASI juga memberikan seperangkat zat perlindungan (imunisasi) terhadap berbagai penyakit akut dan kronis.

2. ASI sebagai bonding ibu-anak

ASI dapat memberikan interaksi psikologis yang kuat dan adekuat antara bayi dan ibu yang merupakan kebutuhan dasar tumbuh kembang bayi. Menurut Erickson, bayi berada dalam tahap trust vs mistrust dimana bayi perlu menumbuhkan kepercayaan dengan lingkungan sekitar, khususnya dengan ibu. Sedangkan menurut Bowlby, jika attachment akan pada masa bayi bagus, maka anak akan mengembangkan dirinya dengan mengeksplorasi lingkungannya dengan baik.

Saat menyusui, secara tidak langsung sang ibu mengajarkan anak bagaimana cara mengatasi tekanan serta masa-masa yang sulit, dan mendukung anak tersebut dengan interaksi-interaksi yang berlangsung selama menyusui. Dengan demikian bayi akan terasa aman dan nyaman. Jika sudah tumbuh rasa aman dan nyaman, secara tidak langsung kepercayaan bayi akan berkembang (basic sence of trust).

3. Menyusui ASI berpahala

Dalam Islam: jika seorang ibu melahirkan, lalu ia mengeluarkan susu dari payudaranya dan dihisap oleh bayinya, setiap hisapan dan tegukan mendapat satu pahala. Jika ia berjaga sepanjang malam (karena melayani bayinya), ia mendapatkan pahala seperti pahala orang memerdekakan 70 orang budak di jalan Allah (riwayat Thabarani dan ‘Ibnu Asakir).

4. Praktis dan Murah

Pernahkah kita menghitung pengeluaran untuk membeli susu formula dalam sebulan? hitungan kasar saya: jika seminggu, bayi menghabiskan satu kotak/kaleng susu formula seharga 60 ribu, maka dalam sebulan pengeluaran untuk susu formula dapat mencapai 240 ribu. Dengan ASI, saya bisa menghemat 240 ribu/bulan. Mungkin bukan angka yang terlalu besar, tetapi kalau setahun saya bisa menghemat 2,4 juta.

Memberikan ASI juga praktis karena bisa langsung menyusui. Saya senang karena tidak perlu membawa banyak perlengkapan kemana-mana.

Jadi, memberikan ASI? Kenapa tidak???

Referensi: http://asuh.wikia.com/wiki/ASI_eksklusif

IDAI. 2008. Bedah ASI. Balai penerbit FKUI: Jakarta

Leave a Reply

