It's my world

Kuliner di Balikpapan

Menghabiskan wiken paling enak itu jalan-jalan sambil makan. Iya kan? Apalagi kalau habis gajian. Nah, karena saya lagi tinggal di Balikpapan, mari kita review beberapa makanan kesukaan saya.

1. Nasi Kebuli di Kairo

Tempatnya bukan di Kairo, Mesir. Kairo itu nama tempat makan yang menyediakan makanan khusus kambing. Letaknya di ruko Balikpapan Baru, dekat dengan Mal Fantasy. Berbagai jenis masakan kambing ada di sini.  Tapi, saya suka nasi kebulinya karena terasa pas di lidah saya. Selain kambing, ada juga masakan timur tengah lainnya, seperti roti maryam/cane dan sambosa. Buat yang suka makanan timur tengah dan masakan kambing, boleh coba makan ke sini.

2. Nasi Pecel

Tempatnya di ruko dekat pintu gerbang kompleks WIKA (dekat kampung timur) ke arah ke RSUD Kanujoso Djatiwibowo.  Waktu pagi, banyak truk yang parkir di sepanjang jalan itu. Tempatnya mudah untuk ditemukan dan tempat parkirnya cukup luas.

Nasi Pecel di tempat ini mirip rasanya dengan nasi Pecel di Tulungagung, Jawa Timur. Nasi Pecel yang bisa mengobati kangen makanan masa kecil. Selain nasi pecel, mereka menjual nasi kuning dan lontong sayur.  Makanan favorit saya di pagi hari, nasi pecel dengan telur dadar goreng dan minum teh hangat manis. Enaaakkk tenaaan.

3. Somay

Somay yang enak di Balikpapan adalah tukang keliling dengan motor gerobak warna hijau di komplek Wika, namanya mas Yoyok. Somay dengan kekenyalan yang pas dan ditambah dengan sambel kacang yang enak. Favorit saya, somay goreng. Mau coba? Boleh japri saya atau main ke WIKA waktu sore hari.

4. Oriental Kitchen

Mau masakan Cina dan seafood? Saya biasanya makan di Oriental kitchen di ruko Balikpapan Baru. Ada berbagai masakan enak di sini. Harganya juga tergolong murah untuk di Balikpapan. Makanan favorit saya, nasi goreng oriental dan fu yung hai. Walaupun restoran Cina, orang yang memasak di sini kebanyakan orang Jawa. Sayangnya, tempat makan ini tutup kalau hari Sabtu.

5. Nasi Timbel

Nasi timbel enak di depan Lotte Mart ya… Silakan dicoba bagi yang kangen masakan Sunda. Di tempat ini juga tersedia mie ayam jamur dan bubur.

6. Browniesku

Browniesku ini bukan tempat makan, tapi rumah di WIKA yang menjual brownies kukus. Bu Dewi, pembuat browniesnya berasal dari Bandung.  Browniesnya bisa mengobati kangen sama brownies kukus Amanda. Browniesku fresh from the oven. Selain brownies, ada macaroni panggang, rainbow cake, dan berbagai kue lain. Tapi, harus pesan terlebih dahulu ya.

7. Mantau goreng

Kalau datang ke Balikpapan, jangan lupa makan mantau goreng. Mantau goreng di sini TOP BGT. Saya sering makan mantau goreng di foodcourt BC atau di A. Yani untuk beli mentahnya dan digoreng sendiri. Mantau goreng ini cocok untuk minum teh di sore hari atau sekedar cemilan pengganjal perut.

Kalau suka makanan Eropa, ada beberapa tempat makan lain seperti Chocotiers, Batakan Beach Cafe, sama Bon Cafe. Sayangnya, harganya lumayan apalagi ditambah dengan inflasi Balikpapan. Kalau rasa makanan sih tetep maknyus.

Sebagian besar tempat di atas memang deket WIKA, Balikpapan karena saya memang tinggal di komplek WIKA. Review di atas sekedar buat referensi buat pendatang baru Balikpapan yang sedang mencari tempat makan. Jadi, monggo dicoba aja kalau berminat…

Comments on: "Kuliner di Balikpapan" (1)

  1. artikel dan foto-fotonya keren keren boss.. Terimakasih infonya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: